Sholat Sunat Tarawih adalah satu jenis sholat sunat yang dikerjakan pada saat Bulan Ramadan. Tarowih menurut asal katanya ialah duduk untuk istirahat setelah mengerjakan sholat empat rokaat. Setiap empat rakaat bersenang-senang atau beristirahat. Dinamakan tarowih adalah sebagai majaz, karena adabnya istirahat sesudahnya.
Arti tarowih ialah duduk, sholat tarowih berarti sholat dengan rasa senang dan kelapangan hati selepas sholat fardhu Isya'. Biasanya jemaah duduk beristirahat setelah mengerjakan empat rakaat sholat tarawih dan membaca zikir ataupun doa sebelum disambung semula dengan empat rakaat lagi, sehingga cukup 8 ataupun dua puluh rakaat.Tarawih itu disebut juga dengan Qiyamu Ramadhan. Sholat tarawih dikerjakan setelah mengerjakan sholat Isyak dan waktunya berpanjangan sehingga akhir malam.
Arti tarowih ialah duduk, sholat tarowih berarti sholat dengan rasa senang dan kelapangan hati selepas sholat fardhu Isya'. Biasanya jemaah duduk beristirahat setelah mengerjakan empat rakaat sholat tarawih dan membaca zikir ataupun doa sebelum disambung semula dengan empat rakaat lagi, sehingga cukup 8 ataupun dua puluh rakaat.Tarawih itu disebut juga dengan Qiyamu Ramadhan. Sholat tarawih dikerjakan setelah mengerjakan sholat Isyak dan waktunya berpanjangan sehingga akhir malam.
Dalil
Rasulullah
S.A.W. sangat menggalakkan sholat tarowih. Abu Hurairah berkata;
“Rasulullah S.A.W. sangat menggalakkan sholat tarowih sekali pun beliau
tidak mewajibkannya.” Beliau bersabda: “Sesiapa yang mengerjakan Qiyamu
Ramadan semata-mata kerana iman dan mengharap ganjaran dari Allah, maka
diampuni dosa-dosanya yang lampau.” Qiyamu Ramadan ialah menghidupkan
malamnya dengan mengerjakan sholat.
Aisyah r.a. berkata; “Rasulullah S.A.W mengerjakan sholat tarowih di masjid, kemudian ramai sahabat-sahabat yang mengikutnya. Pada malam berikutnya baginda Rasulullah S.A.W. mengerjakannya lagi di masjid, sahabat-sahabat yang datang pun semakin ramai. Pada malam ketiga sahabat-sahabat berkumpul di masjid menunggu kedatangan Rasulullah S.A.W. tetapi beliau tidak hadir. Besok paginya Rasulullah berkata kepada mereka; “Sesungguhnya aku melihat sambutan kamu. Sebenarnya aku tidak datang pada malam itu hanya kerana takut sembahyang itu diwajibkan ke atas kamu.” Dan peristiwa itu terjadi pada bulan Ramadan.
Waktu
Waktu sholat tarowih ini ialah setelah menunaikan sholat Fardhu Isyak sehinggalah sampai waktu sholat Subuh.
Lafaz Niat Sembahyang Tarawih: Artinya : Sahaja aku sholat tarowih dua rokaat makmum karena Allah Taala.
Walaupun demikian, ada beberapa cara dalam mengerjakan sholat tarowih, salah satunya dengan formasi 2 kali 4 rakaat masing masing dengan sekali salam setiap selesai 4 rakaat. Oleh karena itu, dalam niat solat tarawih, niatnya disesuaikan menjadi "arbaa roka'ataini".
Sholat tarowih boleh dibuat sebanyak 8 rokaat, sesuai dengan keterangan Aisyah r.a. : “Rasulullah S.A.W. tidak pernah mengerjakan sholat sunat, bulan Ramadan atau bulan lainnya, lebih dari 4 rokaat, kemudian beliau kerjakan lagi 4 rokaat (Jangan tanya tentang baik dan panjangnya), kemudian beliau tambah lagi tiga rokaat yakni witir.” Riwayat Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim; “Rasulullah mengerjakannya sebelas rokaat, temasuk di dalamnya sholat witir.” Di Masjidil Haram di Makkah, sholat tarowih dilakukan dengan diikuti oleh jemaah yang besar. Kebiasaannya imam membaca satu juzuk Al-Quran pada setiap kali tarowih dan menamatkan seluruh Al-Quran (30 juzuk) pada malam ke-29 Ramadan.
Doa Qunut witir dan tempatnya
Yang diucapkan di akhir witir
Aisyah r.a. berkata; “Rasulullah S.A.W mengerjakan sholat tarowih di masjid, kemudian ramai sahabat-sahabat yang mengikutnya. Pada malam berikutnya baginda Rasulullah S.A.W. mengerjakannya lagi di masjid, sahabat-sahabat yang datang pun semakin ramai. Pada malam ketiga sahabat-sahabat berkumpul di masjid menunggu kedatangan Rasulullah S.A.W. tetapi beliau tidak hadir. Besok paginya Rasulullah berkata kepada mereka; “Sesungguhnya aku melihat sambutan kamu. Sebenarnya aku tidak datang pada malam itu hanya kerana takut sembahyang itu diwajibkan ke atas kamu.” Dan peristiwa itu terjadi pada bulan Ramadan.
Hukum
Hukum mengerjakan sembahyang tarawih adalah sunat muakkad (sunat yang sangat dituntut) bagi dikerjakan oleh orang-orang Islam lelaki dan perempuan pada tiap-tiap malam bulan Ramadan sama ada secara berseorangan atau berjemaah. Sembahyang tarawikh lebih afdal dikerjakan secara berjemaah di masjid, sebagaimana yang telah dilakukan oleh Rasulullah S.A.W. Menurut Imam Al Ghazali dalam buku Rahasia-Rahasia Sholat, walaupun sholat tarowih boleh dilaksanakan secara sendirian tanpa berjemaah, sholat tarowih yang dilakukan secara berjemaah lebih afdal, sama seperti pendapat Umar r.a. yang mengingatkan bahwa sebahagian sholat nawafil telah disyariat dalam sholat berjemaah. Sholat tarowih termasuk sholat Tahajjud atau sholatul lail dengan membaca al-Fatihah pada setiap rakaat dan membaca ayat-ayat atau surah daripada al-Quran.Waktu
Waktu sholat tarowih ini ialah setelah menunaikan sholat Fardhu Isyak sehinggalah sampai waktu sholat Subuh.
Cara Melaksanakan
Sholat tarowih ditunaikan dengan kumpulan dua rokaat, pada tiap-tiap satu kali takbiratul-ihram kemudiannya dilakukan lagi sehingga genap rokaat yang dikehendaki. Rukun sholat sunat tarowih ini sama sahaja dengan rukun sholat yang lain.Lafaz Niat Sembahyang Tarawih: Artinya : Sahaja aku sholat tarowih dua rokaat makmum karena Allah Taala.
Walaupun demikian, ada beberapa cara dalam mengerjakan sholat tarowih, salah satunya dengan formasi 2 kali 4 rakaat masing masing dengan sekali salam setiap selesai 4 rakaat. Oleh karena itu, dalam niat solat tarawih, niatnya disesuaikan menjadi "arbaa roka'ataini".
Jumlah Rokaat
Pada zaman Rasulullah S.A.W., sholat tarowih dikerjakan sebanyak 8 rakaat saja supaya tidak menimbulkan sesuatu keberatan. Rasulullah S.A.W. juga tidak memberatkan sholat ini ditunaikan di masjid karena tidak mahukan sahabat berfikiran sholat ini sholat yang wajib. Pada zaman Khalifah Umar bin Al-Khattab pula beliau menambah lagi menjadikan 20 rokaat kerana beliau berpendapat bahawa orang-orang Islam pada zamannya itu tidak keberatan lagi menunaikan sembahyang sebanyak itu. Sholat ini juga dibuatkan sebanyak 20 rokaat dan ditambah 3 rokaat sholat witir. Pada umumnya masyarakat Islam di Indonesia dan Malaysia mendirikan sholat tarawih sebanyak 20 rokaat dengan ditambah dengan 3 rokaat sholat witir.Sholat tarowih boleh dibuat sebanyak 8 rokaat, sesuai dengan keterangan Aisyah r.a. : “Rasulullah S.A.W. tidak pernah mengerjakan sholat sunat, bulan Ramadan atau bulan lainnya, lebih dari 4 rokaat, kemudian beliau kerjakan lagi 4 rokaat (Jangan tanya tentang baik dan panjangnya), kemudian beliau tambah lagi tiga rokaat yakni witir.” Riwayat Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim; “Rasulullah mengerjakannya sebelas rokaat, temasuk di dalamnya sholat witir.” Di Masjidil Haram di Makkah, sholat tarowih dilakukan dengan diikuti oleh jemaah yang besar. Kebiasaannya imam membaca satu juzuk Al-Quran pada setiap kali tarowih dan menamatkan seluruh Al-Quran (30 juzuk) pada malam ke-29 Ramadan.
Bacaan pada witir yang Tiga rakaat
Diantara sunnah Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, ialah membaca pada rakaat pertamanya surat Al-A’la dan kedua membaca surat Al Kafirun dan pada rakaat ketiga membaca surat Al-Ikhlas dan terkadang menambahkan dengan surat Al-Alaq dan An-Naas. Telah terdapat pula dalam riwayat yang shahih bahwa beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca pada satu rakaat witir dengan 100 ayat dari surat An-Nisa’. (Riwayat An-Nasai dan Ahmad dengan sanad yang shahih).
Diantara sunnah Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, ialah membaca pada rakaat pertamanya surat Al-A’la dan kedua membaca surat Al Kafirun dan pada rakaat ketiga membaca surat Al-Ikhlas dan terkadang menambahkan dengan surat Al-Alaq dan An-Naas. Telah terdapat pula dalam riwayat yang shahih bahwa beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca pada satu rakaat witir dengan 100 ayat dari surat An-Nisa’. (Riwayat An-Nasai dan Ahmad dengan sanad yang shahih).
Doa Qunut witir dan tempatnya
Sesudah
membaca bacaan (surat –pent) sebelum ruku’ terkadang beliau melakukan
qunut dan berdoa dengan doa yang Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam
ajarkan kepada cucunya Hasan bin Ali, yaitu :
اَللَّهُمَّ اهْدِنِيْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِيْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِيْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِيْ شَرَّ مَا قَضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِيْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ، إِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، [وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ[، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْت.
“Ya
Allah! Berilah aku petunjuk sebagaimana orang yang telah Engkau beri
petunjuk, berilah aku perlindungan (dari penyakit dan apa yang tidak
disukai) sebagaimana orang yang telah Engkau lindungi, sayangilah aku
sebagaimana orang yang telah Engkau sayangi. Berilah berkah apa yang
Engkau berikan kepadaku, jauhkan aku dari kejelekan apa yang Engkau
takdirkan, sesungguhnya Engkau yang menjatuhkan qadha, dan tidak ada
orang yang memberikan hukuman kepadaMu. Sesungguhnya orang yang Engkau
bela tidak akan terhina, dan orang yang Engkau musuhi tidak akan mulia.
Maha Suci Engkau, wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi Engkau.” [HR.
Empat penyusun kitab Sunan, Ahmad, Ad-Darimi, Al-Hakim dan Al- Baihaqi.
Sedang doa yang ada di antara dua kurung, menurut riwayat Al-Baihaqi.
Lihat Shahih At-Tirmidzi 1/144, Shahih Ibnu Majah 1/194 dan Irwa’ul
Ghalil, oleh Al- Albani 2/172.]
Kemudia
bersholawat kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berdoa untuk
kaum muslimin semampunya dari kebaikan, lalu mintakan ampun untuk
mereka. Dia berkata juga “Setelah selesai melaknati orang-orang kafir
dan bersholawat kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka
diteruskan dengan membaca :
اَللَّهُمَّ إيـَّاكَ نَعْبُدُ، وَلَكَ نُصَلِّيْ وَنَسْجُدُ، وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ، نَرْجُوْ رَحْمَتَكَ، وَنَخْشَى عَذَابَكَ، إِنَّ عَذَابَكَ بِالْكَافِرِيْنَ مُلْحَقٌ. اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَعِيْنُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ، وَنُثْنِيْ عَلَيْكَ الْخَيْرَ، وَلاَ نَكْفُرُكَ، وَنُؤْمِنُ بِكَ، وَنَخْضَعُ لَكَ، وَنَخْلَعُ مَنْ يَكْفُرُكَ.
“Ya
Allah! KepadaMu kami menyembah. UntukMu kami melakukan shalat dan
sujud. KepadaMu kami berusaha dan melayani. Kami mengharapkan rahmatMu,
kami takut pada siksaanMu. Sesungguhnya siksaanMu akan menimpa pada
orang- orang kafir. Ya, Allah! Kami minta pertolongan dan minta ampun
kepadaMu, kami memuji kebaikanMu, kami tidak ingkar kepada-Mu, kami
beriman kepadaMu, kami tunduk padaMu dan berpisah pada orang yang kufur
kepadaMu.” [HR.
Al-Baihaqi dalam As-Sunanul Kubra, sanadnya menurut pendapat Al-
Baihaqi adalah shahih 2/211. Syaikh Al-Albani dalam Irwa’ul Ghalil 2/170
berkata: Sanadnya shahih dan mauquf pada Umar]
Kemudian bertakbir dan menuju sujud. (Riwayat Ibnu Khuzaimah dalam kitab “Shahihnya” (2/155-156/1100)).
Kemudian bertakbir dan menuju sujud. (Riwayat Ibnu Khuzaimah dalam kitab “Shahihnya” (2/155-156/1100)).
Yang diucapkan di akhir witir
Termasuk dari sunnah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah mengucapkan pada akhir shalat witir sebelum atau sesudah salam :
اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ، وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوْبَتِكَ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْكَ، لاَ أُحْصِيْ ثَنَاءَ عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ.
“Ya,
Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan kerelaanMu dari kemarahanMu,
dan dengan keselamatanMu dari siksaMu. Aku berlindung kepadaMu dari
ancamanMu. Aku tidak mampu menghitung pujian dan sanjungan kepadaMu,
Engkau adalah sebagaimana yang Engkau sanjungkan kepada diriMu sendiri.”
[HR. Empat peenyusun kitab Sunan dan Imam Ahmad. Lihat Shahih
At-Tirmidzi 3/180 dan Shahih Ibnu Majah 1/194 serta kitab Irwa’ul Ghalil
2/175. [HR.
Al-Baihaqi dalam As-Sunanul Kubra, sanadnya menurut pendapat Al-
Baihaqi adalah shahih 2/211. Syaikh Al-Albani dalam Irwa’ul Ghalil 2/170
berkata: Sanadnya shahih dan mauquf pada Umar]
Kemudian jika telah salam dari shalat witir mengucapkan :
سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسِ[رَبِّ الْمَلاَئِكَةِ وَالرُّوْحِ] (يجهر بها ويمد بها صوته يقول 3 مرات)
Subhaanal
malikil qudduusi (rabbul malaaikati warruh) tiga kali, sedang yang
ketiga, beliau membacanya dengan suara keras dan panjang. [HR. An-Nasai
3/244, Ad-Daruquthni dan beberapa imam hadis yang lain. Sedang kalimat
antara dua tanda kurung adalah tambahan menurut riwayatnya 2/31.
Sanadnya shahih, lihat Zadul Ma’ad yang ditahqiq oleh Syu’aib Al-Arnauth
dan Abdul Qadir Al-Arnauth 1/337.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar