Ads 468x60px

...

Kamis, 19 Juni 2014

Makna Al Mughnii

AL MUGHNII = MAHA PEMBERI KEKAYAAN

Pembuka Kata

Nama Allah, Al Mughniyu ( المغنى ) dibaca Al Mughnii termasuk Al-Asma`ul Husna, firman Allah : 
  • Dan kawinkanlah orang-orang yang kesendirianya di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahaya yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui. 33. Dan orang-orang yang tidak mampu kawin hendaklah menjaga kesucian (diri)nya, sehingga Allah memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan budak-budak yang yang kamu miliki yang menginginkan perjanjian, hendaklah kamu buat perjanjian dengan mereka, jika kamu mengetahui ada kebaikan pada mereka, dan berikanlah kepada mereka sebagian dari harta Allah yang dikaruniakan-Nya kepadamu. Dan janganlah kamu paksa budak-budak wanitamu untuk melakukan pelacuran, sedang mereka sendiri menginginkan kesucian, karena kamu hendak mencari keuntungan duniawi. Dan barangsiapa yang memaksa mereka, akan sesungguhnya Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (kepada mereka) sesudah di paksa itu. (An-Nuur [24]: 32-33) 
  • Kepunyaan Allah-lah segala yang ada di langit dan segala yang ada di bumi. dan Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kaya lagi Maha Terpuji. (Al-Hajj ayat 64 )  Makna Kata

Makna Kata


Nama Allah, Al Mughniyu bermakna Yang mengayakan hamba-hamba-Nya, yang memberi siapa yang Allah kehendaki apa-apa yang Allah kehendaki. Al-Mughni artinya Allah yang memberi kekayaan. Allah adalah zat yang memberi kekayaan kepada manusia.  Allah Maha Kaya dan juga Maha Pemberi kekayaan. Kekayaan Allah tidak akan berkurang karena dibagikan kepada semua hamba-hamba-Nya. Karena Allah benar-benar Maha Kaya.

 

Penutup Kata 


Demikian pengertian yang terkandung di dalam tiap-tiap nama dari Asmaul-Husna yang amat masyhur itu. Pengertian yang kita terangkan secara ringkas seringkas-ringkasnya. Bila dibentangkan atau diuraikan dengan panjang, maka  nama Allah, Al Mughniyu tidak cukup dengan sebuah buku tebal seribu halaman, Allah tidak terbatas keagungan, ketinggian, kemuliaan dan kesempurnaa-Nya.

Cara berdoa dengan Nama Allah, Al Mughniyu dengan ditambahkan kata Jalla Jalaaluhu yang artinya : Mulia kemuliaan-Nya. Misalnya "Ya Mughni Jalla Jalaaluhu



Hadits Nabi Muhammad SAW :
لَيْسَ الْغِنىَ عَنْ كَثْرَةِ الْعَرَضِ وَلَكِنَّ الْغِنىَ غِنىَ النَّفْسِ
Artinya : “Kaya itu bukanlah kaya harta, tetapi kaya jiwa atau hati ” (HR. Bukhari-Muslim).  

Sifat Allah yang selalu memberi kepada hamba-hamba-Nya perlu kita contoh. Apabila kita diberi kekayaan yang melimpah, bersyukurlah kepada Allah. Salah satunya dengan cara bersedekah kepada orang yang membutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

About

Sample Text