Ads 468x60px

...

Rabu, 18 Juni 2014

Makna Al 'Aliim

AL ‘ALIIM = MAHA MENGETAHUI


Pembuka Kata

Nama Allah, Al 'Aliimu ( العليم ) dibaca Al 'Aliim termasuk Al-Asma`ul Husna, firman Allah : 
  • Adapun orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya. (Al-Baqarah [2]: 39)
  • Dan sekali-kali mereka tidak akan mengingini kematian itu selama-lamanya, karena kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat oleh tangan mereka (sendiri), dan Allah Maha mengetahui siapa orang-orang yang aniaya. (Al-Baqarah [2]: 95) 


Makna Kata

Nama Allah, Al'Aliimu bermakna Yang mengetahui segala, Yang Maha Mengetahui. Tidak satu kejadianpun di langit atau di bumi atau antara keduanya yang terjadi yang tidak diketahui-Nya, kejadian benar atau kejadian kecil. Sehelai daun kayu jatuh ke bumi pasti diketahui-Nya, sebutir debu yang bagaimana juga halusnya, dilemparkan ke ruang angkasa pasti diketahui-Nya.


Penutup Kata

Demikian pengertian yang terkandung di dalam tiap-tiap nama dari Asmaul-Husna yang amat masyhur itu. Pengertian yang kita terangkan secara ringkas seringkas-ringkasnya. Bila dibentangkan atau diuraikan dengan panjang, maka  nama Allah, Al 'Aliimu tidak cukup dengan sebuah buku tebal seribu halaman, Allah tidak terbatas keagungan, ketinggian, kemuliaan dan kesempurnaa-Nya.

Cara berdoa dengan Nama Allah, Al 'Aliimu dengan ditambahkan kata Jalla Jalaaluhu yang artinya : Mulia kemuliaan-Nya. Misalnya "Ya 'Alim Jalla Jalaaluhu"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

About

Sample Text