Ads 468x60px

...

Kamis, 19 Juni 2014

Makna An Nuur

AN NUUR = MAHA PEMBERI CAHAYA

 

Pembuka Kata

Nama Allah, An Nuuru ( النور ) dibaca An Nur termasuk Al-Asma`ul Husna, firman Allah : 

  • Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpaan cahayaAllah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalamnya kaca(dan) kaca itu seakan –akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkah,(yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak disebelah timur (sesuatu)dan tidak pula disebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hamper-hampir menerangi , walaupun tidak disentuh api. Cahaya diatas cahaya(berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang Dia kehendaki, dan Allah membuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan AllahMaha Mengetahui segala sesuatu.(An-Nuur[24]:35)

Makna Kata

Nama Allah, An Nuuru bermakna Sinar, Terang atau Cahaya


Penutup Kata 

Demikian pengertian yang terkandung di dalam tiap-tiap nama dari Asmaul-Husna yang amat masyhur itu. Pengertian yang kita terangkan secara ringkas seringkas-ringkasnya. Bila dibentangkan atau diuraikan dengan panjang, maka  nama Allah, An Nuuru tidak cukup dengan sebuah buku tebal seribu halaman, Allah tidak terbatas keagungan, ketinggian, kemuliaan dan kesempurnaa-Nya.

Cara berdoa dengan Nama Allah, An Nuuru dengan ditambahkan kata Jalla Jalaaluhu yang artinya : Mulia kemuliaan-Nya. Misalnya "Ya Nuur Jalla Jalaaluhu"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

About

Sample Text