Ads 468x60px

...

Rabu, 18 Juni 2014

Makna Al Waahid

AL WAAHID = MAHA TUNGGAL


Pembuka Kata

 Nama Allah, Al Waahidu ( الواحد ) dibaca Al Waahid termasuk Al-Asma`ul Husna, firman Allah :
  • Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan:” Bahwasanya Allah salah seorang dari yang tiga”, padahal sekali-kali tidak ada Tuhan selain dari Tuhan yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir diantaranya mereka akan ditimpa siksaan yang pedih. (Al-Maa’idah [5]: 73)
  • Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai Tuhan selain Allah dan (juga mereka mempertaruhkan) Al-masih putera maryam, padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. (At-Taubat [9]:31)
  • Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Allah Tuhan yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah), (Al-Hajj [22]: 34)

Makna Kata  

Nama Allah, Al Waahidu bermakna Yang Maha Tunggal, Yang satu-satu-Nya, tiada lain-Nya.


Penutup Kata

Demikian pengertian yang terkandung di dalam tiap-tiap nama dari Asmaul-Husna yang amat masyhur itu. Pengertian yang kita terangkan secara ringkas seringkas-ringkasnya. Bila dibentangkan atau diuraikan dengan panjang, maka  nama Allah, Al Waahidu tidak cukup dengan sebuah buku tebal seribu halaman, Allah tidak terbatas keagungan, ketinggian, kemuliaan dan kesempurnaa-Nya.

Cara berdoa dengan Nama Allah,
Al Waahidu dengan ditambahkan kata Jalla Jalaaluhu yang artinya : Mulia kemuliaan-Nya. Misalnya "Ya Waahid Jalla Jalaaluhu"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

About

Sample Text