Ads 468x60px

...

Rabu, 18 Juni 2014

Makna Ar Razzaaq

AR RAZZAAQ = MAHA PEMBERI REZEKI


Pembuka Kata

Nama Allah, Ar Razzaaqu ( الرزاق ) dibaca Ar Rozzaq termasuk Al-Asma`ul Husna, firman Allah : 
  • Isa putera maryam berdoa:” Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya ) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan engkau; beri rezekilah kami, dan engkaulah pemberi rezeki yang paling utama”.(Al- Maa’idah [5]:144)
  • Katakanlah :” Siapakah yang member rezeki dari langit dan bumi, atau siapakah yang kuasa menciptakan) pendengaran dan penglihatan, dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup dan siapakah mengatur segala urusan?” maka mereka akan menjawab :”Allah”. Maka katakanlah “ mengapa kamu tidak bertakwa kepadaNya ”(Yunus [10]:31)
  •  Kepunyaan Allah-lah perbendaharaan langit dan bumi. Dia melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya dan menyempitkannya. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala sesuatu (Asy-Syura:12)
  • Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezkinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh). (QS. Huud:6)


Makna Kata

Nama Allah, Ar Razzaaqu dibaca Ar Rozzaq bermakna Yang Memberi dan Melengkapi semua kebutuhan hiduo dari seluruh makhluk-Nya. Yang Memberikan rizki. Yang memegang komando tertinggi dalam pembagian rizki terhadap masing-masing manusia dan makhluk lainnya.

Ar Rozaq adalah sifat Allah Subhanahu Wata'ala yang baik dan memiliki makna Maha Pemberi Rizki. Rizki yang diberikan oleh Allah tak terbatas Harta, tahta, kesehatan, kepandaian, pengetahuan dan masih banyak lagi. Dalam pemberian Rizeky ini  Allah Subhanahu Wata'ala tidak pernah membedakan siapa yang akan menerima rezeki dari-Nya entah itu muslim yang beriman atau mereka yang ingkar. Jika Allah Subhanahu Wata'ala menghendaki sesuatu terjadi, maka Dia akan menciptakan sebab-sebab kejadiannya. Jika sebuah rezeki ingin diberikan-Nya pada seorang hamba, maka tak satu pun kekuatan yang bisa menghalanginya. Tak ada kekuatan yang mampu menghalangi takdir-Nya.


Penutup Kata

Demikian pengertian yang terkandung di dalam tiap-tiap nama dari Asmaul-Husna yang amat masyhur itu. Pengertian yang kita terangkan secara ringkas seringkas-ringkasnya. Bila dibentangkan atau diuraikan dengan panjang, maka  nama Allah, Ar Razzaaqu tidak cukup dengan sebuah buku tebal seribu halaman, Allah tidak terbatas keagungan, ketinggian, kemuliaan dan kesempurnaa-Nya.

Cara berdoa dengan Nama Allah, Ar Razzaaqu dengan ditambahkan kata Jalla Jalaaluhu yang artinya : Mulia kemuliaan-Nya. Misalnya "Ya Rozzaq Jalla Jalaaluhu"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

About

Sample Text