Ads 468x60px

...

Rabu, 18 Juni 2014

Makna Asy Syakuur

ASY SYAKUUR = MAHA MENGHARGAI


Pembuka Kata

Nama Allah, Asy Syakuuru ( الشكور ) dibaca Asy Syakur termasuk Al-Asma`ul Husna, firman Allah :

  • Mengapa Allah akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman? dan Allah adalah Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui. (An-Nisaa’ [4]: 147)
  • Itulah (karunia) yang (dengan itu) Allah menggembirakan hamba-hamba-Nya yang beriman dan mengerjakan amal saleh. Katakanlah: “Aku tidak meminta kepadamu sesuatu upahpun atas seruanku kecuali kasih sayang dalam kekeluargaan”. Dan siapa yang mengerjakan kebaikan akan kami tambahkan baginya kebaikan pada kebaikannya itu. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. (Asy-Syuura [42]: 23) 

Makna Kata

Nama Allah, Asy Syakuuru bermakna Yang sangat berterima kasih. Yang pasti membalasi tiap pujian, sanjungan atau ibadat manusia yang ditunjukkan kepada-Nya oleh hamba-hamba_Nya yang taat dan taqwa kepada-Nya.


Penutup Kata

Demikian pengertian yang terkandung di dalam tiap-tiap nama dari Asmaul-Husna yang amat masyhur itu. Pengertian yang kita terangkan secara ringkas seringkas-ringkasnya. Bila dibentangkan atau diuraikan dengan panjang, maka  nama Allah, Asy Syakuuru tidak cukup dengan sebuah buku tebal seribu halaman, Allah tidak terbatas keagungan, ketinggian, kemuliaan dan kesempurnaa-Nya.

Cara berdoa dengan Nama Allah, Asy Syakuuru Rohman dengan ditambahkan kata Jalla Jalaaluhu yang artinya : Mulia kemuliaan-Nya. Misalnya "Ya Syakur Jalla Jalaaluhu"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

About

Sample Text