Ads 468x60px

...

Rabu, 18 Juni 2014

Makna Al Hasiib

AL HASIIB = MAHA MENGHITUNG


Pembuka Kata

Nama Allah, Al Hasiibu ( الحسيب ) dibaca Al Hasib termasuk Al-Asma`ul Husna, firman Allah :
  • Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu. (An-Nisaa’ [4]: 86) 
  • Yaitu) orang-orang yang menyampaikan risalah-risalah Allah, mereka takut kepada-Nya dan mereka tiada merasa takut kepada seorang(pun) selain kepada Allah. Dan cukuplah Allah sebagai pembuat perhitungan. (Al-Ahzab [33]: 39) 

Makna Kata  

Nama Allah, Al Hasiibu bermakna memperhitungkan segala hal. Segala sesuatu diciptakan dan diaturNya dengan perhitungan yang amat teliti dan benar. Setiap sesuatu diciptakan dan dijadikan dalam perhitungan-perhitungan yang sejelas-jelasnya.


Penutup Kata

Demikian pengertian yang terkandung di dalam tiap-tiap nama dari Asmaul-Husna yang amat masyhur itu. Pengertian yang kita terangkan secara ringkas seringkas-ringkasnya. Bila dibentangkan atau diuraikan dengan panjang, maka  nama Allah, Al Hasiibu tidak cukup dengan sebuah buku tebal seribu halaman, Allah tidak terbatas keagungan, ketinggian, kemuliaan dan kesempurnaa-Nya.

Cara berdoa dengan Nama Allah,
Al Hasiibu dengan ditambahkan kata Jalla Jalaaluhu yang artinya : Mulia kemuliaan-Nya. Misalnya "Ya Hasib Jalla Jalaaluhu"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

About

Sample Text