Ads 468x60px

...

Rabu, 18 Juni 2014

Makna Al Muhyi

AL MUHYII = MAHA PEMBERI KEHIDUPAN



Pembuka Kata

Nama Allah, Al Muhyi ( المحي ) dibaca Al Muhyi termasuk Al-Asma`ul Husna, firman Allah :

  • Lalu Kami berfirman:” pukullah mayat itu dengan sebagian anggota sapi betina itu demikian Allah menghidupkan orang-orang yang telah mati, dan memperlihatkan padamu tanda-tanda kekuasaan- nya agar kamu mengerti. (Al-Baqarah [2] : 73)
  • Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezki siapa yang Engkau kehenSesungguhnya Allah menumbuhkan butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah-buahan. Dan mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup. (yang memiliki sifat-sifat) demikian ialah Allah, maka mengapa kamu masih berpaling? (Al-An’aam [6]: 95)
  • Dan sesungguhnya benar-benar kami-lah yang menghidupkan dan mematikan dan kami (pulalah) yang mewarisi. (Al-Hijr [15]: 23)

Makna Kata  

Nama Allah, Al Muhyi bermakna Yang memberikan kehidupan bagi makhluk-makhluk_Nya yang hidup, Pusat tenaga hidup. Segala kehidupan bersumber pada Allah.


Penutup Kata

Demikian pengertian yang terkandung di dalam tiap-tiap nama dari Asmaul-Husna yang amat masyhur itu. Pengertian yang kita terangkan secara ringkas seringkas-ringkasnya. Bila dibentangkan atau diuraikan dengan panjang, maka  nama Allah, Al Muhyi tidak cukup dengan sebuah buku tebal seribu halaman, Allah tidak terbatas keagungan, ketinggian, kemuliaan dan kesempurnaa-Nya.

Cara berdoa dengan Nama Allah, Al Muhyi dengan ditambahkan kata Jalla Jalaaluhu yang artinya : Mulia kemuliaan-Nya. Misalnya "Ya Muhyi Jalla Jalaaluhu"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

About

Sample Text