Ads 468x60px

...

Selasa, 17 Juni 2014

Makna Al Mukmin

AL MU’MIN = MAHA PEMBERI KEAMANAN

Pembuka Kata


Nama Allah, Al Mu'minu ( المؤمن ) dibaca Al Mukmin termasuk Al-Asma`ul Husna, firman Allah : 
  • Dialah Allah yang tiada Tuhan selain Dia, raja, yang maha suci,yang maha sejahtera,yang mengaruniakan keamanan,yang maha memelihara,yang maha perkasa, yang maha kuasa, yang memiliki segala keagungan, yang maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan .(Al-hasyr [59]: 23)

Makna Kata

Nama Allah, Al Mukminu mempunyai makna Yang Mengamankan seluruh makhluk-Nya dari segala mara bahaya dan kerusakan.


Penutup Kata 

Demikian pengertian yang terkandung di dalam tiap-tiap nama dari Asmaul-Husna yang amat masyhur itu. Pengertian yang kita terangkan secara ringkas seringkas-ringkasnya. Bila dibentangkan atau diuraikan dengan panjang, maka  nama Allah, Al Mukminu tidak cukup dengan sebuah buku tebal seribu halaman, Allah tidak terbatas keagungan, ketinggian, kemuliaan dan kesempurnaa-Nya.

Cara berdoa dengan Nama Allah, Al Mukminu dengan ditambahkan kata Jalla Jalaaluhu yang artinya : Mulia kemuliaan-Nya. Misalnya "Ya Mukmin Jalla Jalaaluhu"

Ketika kata “Al-Mu’minu” dipakai untuk sebutan hamba Allah yang beriman, berarti hamba itu telah mencontoh dan menauladani nama Al-Mu’min. Mengapa orang yang beriman disebut Al-Mu’min ? karena kata lisan, kata hati dan perbuatannya singkron. Hatinya telah membenarkan apa yang datang dari Allah, kemudian mengamalkannya. Dia telah menemukan hakikat kebenaran, dia telah mendapatkan kekuatan dirinya yang bersumber dari nama Allah “Al-Mu’minu”. Kekuatan itu adalah “keyakinan dan optimisme” yang kemudian melahirkan kreatifitas dan inovasi. Keyakinan ini tidak boleh dikotori oleh prasangka buruk atau keragu-raguan kepada Allah.

Orang beriman yang telah menauladani nama Allah, Al-Mu’minu disebut abdul mu’min. Dia adalah hamba Allah yang hidup jejak-jejaknya, hidup penglihatanya, hidup pendengarannya, hidup niatnya, hidup amalnya, sehingga mampu menangkap makna yang tersirat dibalik tirai hijab kehidupan.

3 komentar:

 

About

Sample Text