Ads 468x60px

...

Rabu, 18 Juni 2014

Makna Al Baasith

AL BAASITH = MAHA MELAPANGKAN


Pembuka Kata

Nama Allah, Al Baasith ( الباسط ) dibaca Al Baasith termasuk Al-Asma`ul Husna, firman Allah :
  • Sesungguhnya Tuhanmu Melapangkan rizki kepada siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkannya; Sesungguhnya Dia Maha mengetahui lagi Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya. (Al-Israa’ [17]: 30) 
  • Allah melapangkan rizki bagi siapa saja yang dikehendaki di antara hamba-hamba-Nya dan Dia pula yang menyempitkan baginya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." (QS. Al-Ankabuut: 62)   
  • ”Dan jika Allah melapangkan rizki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi, tetapi Allah menurunkan apa yang dikehendaki-Nya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha Melihat.” (QS. Asy-Syuura: 27)  

Makna Kata

Nama Allah, Al Baasith bermakna Yang melapangkan hidup atau menambah rizki seseorang yang Allah kehendaki. Tidak sedikit orang bodoh tapi menjadi kaya raya.

Kata al-Baasith sendiri berasal dari ba-sa-tha yang berarti keterhamparan, kemudian dikembangkan menjadi “memperluas” atau ”melapangkan”.


Penutup Kata

Demikian pengertian yang terkandung di dalam tiap-tiap nama dari Asmaul-Husna yang amat masyhur itu. Pengertian yang kita terangkan secara ringkas seringkas-ringkasnya. Bila dibentangkan atau diuraikan dengan panjang, maka  nama Allah, Al Baasiith tidak cukup dengan sebuah buku tebal seribu halaman, Allah tidak terbatas keagungan, ketinggian, kemuliaan dan kesempurnaa-Nya.

Cara berdoa dengan Nama Allah, Al Baasiith dengan ditambahkan kata Jalla Jalaaluhu yang artinya : Mulia kemuliaan-Nya. Misalnya "Ya Basith Jalla Jalaaluhu"

7 komentar:

 

About

Sample Text